Membuat Aplikasi Android untuk Web/Blog Sendiri menggunakan layanan appyet.com

Eh, langsung aja ya. Ngomong-ngomong, pernah baca artikel tentang membuat aplikasi blog feed menggunakan feed.nu belum? Kalau belum, coba deh baca, itu isinya tentang generating RSS Blog Feed menggunakan feed.nu. Jadi, kita memasukkan RSS blog atau web kita untuk kemudian dibuatkan aplikasi androidnya, dan yang paling penting, kita tidak harus mengerti pemrograman. Kayak indomie, instant!
Nah, kalo sekarang sedikit berdeda, tetapi intinya sama, yaitu men-generate aplikasi Android RSS reader untuk web atau blog. Layanan ini disediakan oleh appyet.com. Dengan layanan ini kita bisa membuat aplikasi android untuk web-web yang kita inginkan. Hasilnyapun bukan asal-asalan, tapi layaknya sebuah aplikasi yang dikerjakan berminggu-minggu oleh sang ptogrammer.
Bingung?
Ya udah, langsung saja ini step by stepnya :
  • Buka website appyet.com. registrasi disana untuk bisa memulai.
  • Setelah terdaftar tinggal klik Get Started atau Create App (pojok kanan atas).
  • Selanjutnya isi form yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi. Seperti dibawah ini contohnya, untuk RSS masukkan RSS Blog atau Web yang diinginkan (misal: http://dyahslib.blogspot.com/feeds/posts/default) dilanjutkan dengan mengKlik Create App.
  • Pada Tab General, isikan nama aplikasi, package name, dan icon yang diinginkan. Package name biasanya akan dibuatkan otomatis. Setiap ada perubahan, jangan lupa klik tombol Save Changes.
  • Kemudian beralih ke tab Tabs. Tabs disini dimaksudkan untuk tab pada aplikasi kita nanti. Kita bisa memilih tab yang diinginkan, merubah warna, dan merubah icon sesuai keinginan. Ojo Lali, Save Changes.
  • Setelah semuanya kita atur sesuai kebutuhan, selanjtunya kita bergeser ke tab Submit. Disana ada tombol Submit to Build. Yakinkan hati anda (hayyah) untuk benar-benar siap men-generate aplikasinya.
  • Hasil dari aplikasi yang di generate akan dikirimkan lewat email yang kita daftarkan diawal. Download aplikasi dari email dan install di android.
[aplikasi siap diinstall dan icon aplikasi yang sudah berhasil diinstall] 

Ketika dibuka, aplikasi yang dihasilkan akan seperti ini:

 [tampilan halaman depan aplikasi (mode List) dan ketika artikel dibuka]

 [mode Grid pada halaman depan dan mode Grid pada tab Unread]

[bisa otomatis mode Landscape lho..]
Nah, bagi teman-teman yang mau aplikasi yang telah saya hasilkan, bisa di download disini. Ukurannya kurang dari 1 MB kok. 🙂
Bagaimana, bagus tidak? Tertarik untuk membuatnya? Ayo dicoba. 😉
sumber: http://dyahslib.blogspot.com/2012/02/membuat-aplikasi-android-untuk-web-blog.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *