Mengubah permission, owner, dan group di Linux

Sumber: http://www.kaplinglinux.com/2008/12/25/mengubah-permission-owner-dan-group-di-linux/

Oke sesuai dengan janji pada posting sebelumnya, pada posting kali ini saya akan membahas cara mengubah permission, owner, dan group untuk suatu file.

Pada posting kali ini saya akan tetap menggunakan file coba.txt yang saya gunakan pada posting sebelumnya untuk menerangkan cara membaca permission di Linux. Bagi yang masih belum sempat atau lupa mengenai apa yang dibahas pada posting sebelumnya, kamu dapat membaca posting dengan judul file permission di Linux.

Pertama-tama kamu harus membuka terminal dengan mengakses menu Applications->Accessories->Terminal. Karena kita akan menggunakan terminal untuk mengubah permission, owner, dan group untuk file coba.txt ini. Pada posting berikutnya saya akan membahas cara mengubah permission, owner, dan group untuk file dengan menggunakan program xfe.

Perintah yang digunakan untuk mengubah file permission adalah chmod. Perintah chmod dapat digunakan untuk menambah, menghapus, atau melakukan modifikasi permission terhadap file atau directoty. Gunakan tanda + untuk menambah suatu permission, atau tanda – untuk menghilangkan suatu permission. Berikut ini beberapa options yang dapat digunakan dengan perintah chmod.

u Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari user
g Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari group
o Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari others
a Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari semua user
r Menghilangkan atau menambah read permission
w Menghilangkan atau menambah write permission
x Menghilangkan atau menambah execute permission

Misalkan kamu ingin menghilangkan hak read untuk others, maka kamu dapat mengetikkan perintah berikut ini diterminal chmod o-r coba.txt. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini

contoh penggunaan chmod1 300x54 Mengubah permission, owner, dan group di Linux

Apabila kamu ingin menambahkan hak execute untuk owner maka kamu dapat mengetikkan perintah chmod u+x pada terminal. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut ini.

contoh penggunaan chmod2 300x54 Mengubah permission, owner, dan group di Linux

Untuk mengubah ownership dari file coba.txt kamu harus menggunakan perintah chown. Dimana format perintah ini secara umum adalah :

chown nama pemilik file baru nama file

untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai perintah ini kamu dapat melihat manual page dari perintah chmod, dengan cara mengetikkan perintah man chmod pada terminal. Untuk menggunakan perintah ini kamu harus memiliki hak sebagai root. Pada posting ini saya mengubah ownership file coba.txt dari indrabt menjadi meme. Kamu dapat menggunakan perintah sudo chown meme coba.txt atau kamu dapat mengetikkan perintah su, dimana perintah ini akan meminta password root user kamu. Ketikkan password root user kamu, lalu ketikkan perintah chown meme coba.txt. Gambar dibawah ini menunjukkan cara kedua yang saya pakai.

contoh penggunaan chown 300x76 Mengubah permission, owner, dan group di Linux

Untuk mengubah group dari file coba.txt kamu harus menggunakan perintah chgrp. Dimana format perintah ini secara umum adalah :

chgrp nama group baru nama file

untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai perintah ini kamu dapat melihat manual page dari perintah chgrp, dengan cara mengetikkan perintah man chgrp pada terminal. Sama dengan perintah chmod, untuk menggunakan perintah ini kamu harus memiliki hak sebagai root. Pada posting ini saya mengubah group file coba.txt dari indrabt menjadi meme. Kamu dapat menggunakan perintah sudo chgrp meme coba.txt atau kamu dapat mengetikkan perintah su, dimana perintah ini akan meminta password root user kamu. Ketikkan password root user kamu, lalu ketikkan perintah chgrp meme coba.txt. Gambar dibawah ini menunjukkan cara kedua yang saya pakai.

contoh penggunaan chgrp 300x79 Mengubah permission, owner, dan group di Linux

Oke sekian saja posting kali ini. Selamat mencoba dan good luck icon wink Mengubah permission, owner, dan group di Linux

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *