Cara Memakai USB Device di VirtualBox (Linux Host)

Bagi Anda yang memakai Virtualbox di sistem operasi GNU/Linux, pasti akan mendapati bahwa USB device Anda tidak dapat di-mount, dideteksi, atau dipakai secara langsung ke dalam Guest OS. Atau lebih tepatnya, device-device itu terlihat namun dengan state unavailable (inactive). Berbeda halnya jika Anda memakai Virtualbox di sistem operasi Windows.

Anda mungkin bisa saja mengakali permasalahan ini dengan memakai fitur shared folder-nya Virtualbox. Akan tetapi, hal ini cuma bisa dilakukan bila USB device tersebut adalah UFD. Namun, jika berbentuk webcam, printer, atau yang lainnya lagi, bagaimana?

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, cobalah langkah-langkah di bawah berikut ini:

1. Buka Terminal, ketikkan perintah :
getent group vboxusers
seketika itu akan ditampilkan user-user yang terdapat di dalam group tersebut.

2. Terlihat di atas, user yang terdapat dalam grup vboxusers hanya ada satu yaitu romtoni. Angka 124 di atas adalah angka devgid. Angka tersebut mungkin akan berbeda di masing-masing sistem. Catatlah angka tersebut karena itu adalah angka yang mewakili user yang akan memakai fitur USB device di Virtualbox.

3. Setelah itu, tambahkan baris perintah di bawah ini ke dalam /etc/fstab :
none /sys/bus/usb/drivers usbfs devgid=124,devmode=664 0 0
sesuaikan angka devgid dengan yang Anda miliki. Anda hanya bisa melakukan penambahan baris tersebut di /etc/fstab bila login sebagai root atau memakai perintah sudo gedit /etc/fstab (bila Anda memakai editor gedit).

4. Simpan perubahan tersebut lalu restart sistem Anda. Nah, sekarang Anda akan mendapati Virtualbox Anda sudah dapat memakai USB device. Selamat mencoba!

Sumber: http://www.infogue.com/viewstory/2010/02/03/cara_memakai_usb_device_di_virtualbox_linux_host_/?url=http://crystalforest.wordpress.com/2010/02/01/cara-memakai-usb-device-di-virtualbox-linux-host/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *