Cara Menjalankan Eclipse + ADT

Ada beberapa cara untuk menjalankan Eclipse + ADT (Android Developer Tools Build: v22.3.0-887826), tergantung cara instalasi awal Eclipse + ADT-nya. Berikut ini dijelaskan langkah menjalankan Eclipse + ADT jika kita langsung mendownload ADT Bundle Android. Langkah ini dilakukan setelah ADT Bundle Android yang berjalan di linux dan sudah diekstrak.

Langkah menjalankan emulator Android dari Eclipse:

1. Masuk ke folder ADT Bundle Linux-nya

2. Masuk ke folder eclipse, perhatikan di folder ini ada aplikasi program yang bernama eclipse

3. Klik file program eclipse  untuk menjalankan Eclipse

4. Untuk pemakaian awal sebaiknya atur dulu tempat penyimpanan SDK-nya, caranya: Pilih menu Windows –> Preferences –> Android. Lihat SDK Location, lalu klik Browse untuk menuju ke arah folder SDK disimpan, setelah folder SDK dipilih lalu tekan OK dan OK, sehingga kembali lagi ke layar Eclipse.

5. Untuk menjalankan Androidnya, klik Windows –> Android Virtual Device Manager.

6. Lihat bagian Android Virtual Device, jika kosong berarti belum pernah memasang AVD, karena itu klik Device Definitions –> Pilih Device-nya, misalnya pilih Nexus S by Goolge, lalu klik Create AVD.

7. Isi semua, misal AVD Name = Nexus_S_2.3.3,  Target = Android 2.3.3 РAPI Level 10, CPU/ABI = ARM (armeabi), Keyboard dan Skin dicentang dan lainnya dibiarkan saja, lalu tekan button OK.

8. Jika tidak error maka dibagian Android Virtual Device akan muncul android yang kita setting. Pilih android itu dan klik Start, muncul Options Launch, jangan mengubah apapun dulu, lalu klik Launch dan tunggu sampai Android muncul. Semoga tidak error.

Langkah awal menjalankan file aplikasi Android yang sudah dibuat:

1. Pada layar Eclipse, klik menu File –> Import –> Android –> Existing Android Code Into Workspace –> Next >

2. Pada bagian Root Directory, centang dulu Copy projects into workspace, lalu klik Browse untuk memilih file aplikasi android yang sudah ada, cari file androidnya, lalu pilih, tekan button OK –> Finish. Jika tidak error maka akan muncul di bagian Package Explorer file android yang telah kita pilih.

3. Untuk menjalankannya klik kanan mouse pada paket yang tadi sudah dipasang, lalu pilih Run As –> Android Application.

4. Jika tidak ada error maka aplikasi android sudah akan running pada emulator android yang sudah dijalankan sebelumnya.

5. Silahkan pilih lagi file aplikasi android lainnya dan jalankan.

Jika file proyek tidak bisa ‘running’ dan muncul error, lakukan langkah berikut:

1. Klik kanan pada nama file yang akan diperbaiki di Package Explorer

2. Pilih Build Path –> Configure … –> Android –> Pilih Android versi 4.4 (yang digunakan untuk kompilasi), lalu OK dan kembali ke layar Eclipse.

3. Jalankan file tadi dengan klik Run

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *