Membuat Formulir Penilaian Sikap Menggunakan Google Forms

Penilaian sikap dalam kurikulum 2013 dilakukan dengan menggunakan teknik observasi/pengamatan, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal catatan guru. Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya, sedangkan kompetensi sikap sosial mengacu pada KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Pembahasan selengkapnya dapat dilihat di sini.

Masing-masing sikap memiliki aspek pengamatan atau indikator penilaian yang dapat dibuat sebagai skala. Untuk memudahkan guru melakukan penilaian perlu dbuat cotoh formulir penilaian nilai skala sikap untuk setiap indikator.

Teknik paling mudah untuk membuat formulir penilaian skala sikap adalah menggunakan Google Forms, karena hasilnya akan direkapitulasi dalam bentuk spreadsheet seperti tabel excel.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Akses ke https://drive.google.com/ melalui browser

2. Lakukan Sign In (login) akun google yang anda miliki.

3. Pilih button merah NEW >  More > Google Forms,

google-forms

4. Muncul formulir kosong (untitled forms) yang siap diisi

form-kosong

5. Sebaiknya untuk awalnya (paling atas) Untitled Question dihapus dulu untuk meletakkan header formulir, klik tombol delete (tempat sampah) sebelah kanan untuk menghapus, sehingga muncul gambar dengan Untitled form (Section Header), bukan Untitled Question.

header-form

6. Isi Untitled form dengan judul header, misalnya "PENILAIAN SIKAP MENURUT OBSERVASI",

7. Isi pula Form Description di bawahnya, sebagai keterangan judul header, misal "Penilaian sikap siswa melalui observasi yang dilakukan oleh guru",

8. Klik tanda panah hitam di sebelah kanan Add item, lalu pilih Choose from a list di bagian BASIC,

chooseformalist

KETERANGAN TAMBAHAN ITEM:

Bagian BASIC

1. Text: jika jawaban berupa teks dan cukup satu baris

2. Paragraph text: jika jawaban berupa teks dan memerlukan beberapa baris jawaban

3. Multiple choice: untuk jenis pertanyaan pilihan ganda, hanya memerlukan satu jawaban dari beberapa pilihan

4. Checkboxes: jika responden boleh memilih lebih dari satu jawaban

5. Choose from a list: jika responden hanya dapat memilih satu pilihan dari daftar pilihan

Bagian ADVANCED

1. Scale: jika memerlukan jawaban skala nilai, seperti skala Likert ataupun skala lainnya.

2. Grid: untuk memilih sel dari pasangan baris dan kolom

3. Date: jika memerlukan input atau pengaturan kalender

4. Time: jika memerlukan input atau pengaturan waktu tertentu

Bagian LAYOUT

1. Section header: untuk menuliskan judul header dan deskripsinya

2. Page break: untuk memotong halaman dan berganti halaman selanjutnya

3. Image: untuk memasukkan (insert) gambar

4. Video: untuk memasukkan (insert) video dari Youtube

 

9. Muncul kuesiner pertama untuk mengisi data diri siswa,

quest-1

10. Isilah Question Title: "Kelas Siswa", Help Text: "Pilihlah kelas siswa yang akan dinilai", Option 1: "10-IPA.1", bawahnya, Option 2 diisi "10-IPA.2", dan seterusnya sesuai keperluan. 

11. Karena pilihan ini wajib diisi maka centang (klik) Required question, lalu klik button biru Done untuk menyelesaikan quesioner pertama

12. Melanjutkan item lain dengan klik pada tanda panah hitam sebelah kanan Add item, lalu pilih lagi Choose from a list untuk membuat kuesiner terkait nama siswa. Seperti langkah 10, isilah Question Title: "Nama Siswa", Help Text: "Pilihlah nama siswa yang akan dinilai", lalu isilah option-option dengan daftar nama-nama siswa. Misal  Option 1: "Ahmad", bawahnya, Option 2 diisi "Bambang", dan seterusnya sebanyak jumlah siswa. Seterusnya lakukan seperti langkah 11 sampai muncul gambar berikut

hasilformawal

 

13. Klik tanda panah hitam di sebelah kanan Add item, lalu pilih Section Header di bagian LAYOUT,

header-form

14. Setelah muncul lembar kuesiner, isilah Header text dengan "SIKAP SPIRITUAL (A)", lalu bagian Description (optional) diisi "Pilihlah nilai skala sikap spiritual yang sesuai", lalu klik button Done untuk mengakhiri kuesiner ini.

15. Klik tombol panah hitam sebelah Add item, pilihlah Scale pada bagian Advanced sehingga muncul kuesiner Scale

skala-1

16. Isilah Question Title dengan A.1, usahakan isi pada Question Title tidak panjang karena nanti akan masuk sebagai header pada Excel (spreadsheet), sedangkan Help Text isilah dengan kuesinernya, misalnya untuk sikap spiritual pertama adalah "1. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu". Lalu atur Scale 1 to 4 (atau sesuai yang diinginkan). Label (optional) tidak usah diisi, lalu centang (klik) Required question, selanjutnya klik button biru Done untuk menyelesaikan quesioner ini. 

17. Ulangi langkah 16 untuk kuesiner sikap spiritual berikutnya sehingga diperoleh hasil sebagai berikut

spiritual

18. Untuk sikap lainnya analog dengan langkah 13 sampai 17.

19. Untuk Penilaian Sikap oleh Diri Sendiri tidak perlu mengetik ulang, cukup di-copy dengan cara pilih menu File > Make a copy, sehingga muncul tampilan kotak dialog berikut

COPY-DOC

Di bawah tulisan Enter a new document name: isilah judul header PENILAIAN SIKAP DIRI SENDIRI, centang Share it with the same people, lalu klik button OK.

20. Lakukan hal yang sama seperti langkah nomer 19 di atas untuk Penilaian Sikap oleh Teman Sejawat (Antar Teman) dengan nama dokumen PENILAIAN SIKAP ANTAR TEMAN (TEMAN SEJAWAT)

 

PENGATURAN

Sebelum pengiriman formulir sebaiknya diatur dulu beberapa hal berikut:

1. Form setting

form-setting

* Centang Show progress bar at the bottom of form pages, jika ingin progres pembuatan formulirnya ditampilkan di bagian bawah halaman formulir

* Centang Only allow one response per person (requires login), jika ingin mengatur satu respon untuk satu orang, memerlukan login menggunakan akun Google

* Centang Shuffle question order, jika ingin melakukan pengocokan urutan kuesioner 

2. Pengaturan halaman konfirmasi (Confirmation Page)

confirmation

* Centang Show link to submit another response, jika ingin menampilkan link pengiriman ke reponse lain

* Centang Publish and show a public link to form results, jika ingin hasil formulirnya ditampilkan dan ditunjukkan ke link publik

* Centang Allow responders to edit responses after submitting, jika ingin responder diperbolehkan mengedit respon yang sudah dikirimkan

3. Pengaturan tema

tema

Atur (Customize) atau pilih tema sesuai selera

4. Pengaturan file responresponse

Secara default setiap form menghasilkan 1 file respon, tetapi kita bisa mengaturnya supaya menjadi 1 file respon, caranya adalah pilih menu Responses > Change response destination,

destination

* Pilih New spreadsheet jika ingin membuat spreadsheet baru untuk suatu formulir

* Pilih New sheet in an existing spreadsheet jika ingin menggabungkan beberapa respon/sheet dalam satu file spreadsheet.

5. Pengiriman formulir

Jika pembuatan dan pengaturan sudah dilakukan maka tinggal mengirim formulir tersebut dibagikan (share) ke orang lain atau ditempelkan (embed) ke website lain.

* Pilih menu File > Send form jika ingi dibagikan ke orang lain

sendform

Copy alamat link-nya dan bagikan ke orang lain via Google+, Facebook, Twitter atau dikirim via email atau sebagai link di website lain.

* Pilih menu File > Embed jika ingin ditempelkan di website lain

embed

Atur dulu panjang dan lebarnya atau apa adanya saja, lalu copy link-nya dalam format <iframe> dan tempelkan ke website lain.

 

6. Contoh hasil pembuatan formulir di atas dapat dilihat pada link berikut: https://goo.gl/rGzRjA.

7. Pengaturan selanjutnya adalah untuk hasil respon yang ada dalam file spreadsheet agar dapat ditampilkan secara tertata dan dapat dicetak dengan format yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *