Rilis AstroBlankOn 1.0 Full, Linux Astronomi dan Ilmu Falak

Desktop AstroBlankon 1.0 versi Full

Desktop AstroBlankon 1.0 versi Full

Alhamdulillah, melengkapi rilis AstroBlankOn 1.0-lite yang sudah keluar sebelumnya akhirnya AstroBlankOn 1.0-full terpasang juga di repositori UNNES. Paket remaster linux – astronomi ini dipersembahkan bagi siapa saja yang ingin memahami astronomi dan ilmu falak melalui software. Bahkan bagi kaum muslimin ada beberapa hal yang bisa diperoleh melalui software dan dokumen dalam paket AstroBlankOn:

  1. Memahami pergerakan bumi dan benda-benda langit yang banyak termaktub dalam AlQuran sebagai bagian dzikrullah.
  2. Memahami problematika penentuan awal bulan qomariyah, seperti awal bulan Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah sehingga akan lebih arif dalam mensikapi perbedaan pendapat.
  3. Dapat menentukan waktu shalat wajib dengan benar menurut posisi tempat masing-masing
  4. Dapat menentukan arah kiblat shalat dengan tepat secara offline dan online
  5. Mengingat terjadinya peristiwa alam terkait gerhana bulan dan matahari, sebagian atau total, sehingga menjadi lebih siap melaksanakan shalat khusuf dan kusuf.
  6. Tilawat dan tadarus AlQuran dapat dilakukan langsung dari laptop/PC karena sudah tersedia tarjamah dan tafsir AlQuran 30 juz dalam Zekr dan elforkane, tersedia resitasi secara online
  7. Bagi yang mampu berbahasa arab bisa memanfaatkan ebook reader elkirtasse yang berisi kitab-kitab berbahasa arab.
  8. LibreOffice sudah dilengkapi Qur’an in OpenOffice (QiOO) sehingga dapat menukil ayat AlQuran dan terjemahannya ketika menulis.
  9. dan manfaat lain yang terkait dengan ilmu falak dan ilmu keislaman lainnya.

Di samping itu, karena ini adalah paket linux (BlankOn 8.0 rote) maka ada keuntungan lain yaitu:

  1. Linux berlisensi umum, sehingga tidak perlu membayar lisensi, lebih hemat biaya
  2. Sofware aplikasi bersifat “free and open source software” (FOSS) sehingga tidak mahal, tidak perlu membeli lisensi software yang mahal, tidak perlu memakai software bajakan.
  3. Paket software sudah terpasang di dalamnya sehingga tinggal dijalankan, bahkan jika sudah dipasang ke laptop/PC maka bisa ditambah lagi software lain, lalu diremaster lagi sehingga bisa didistribusikan lebih lengkap lagi, karena di dalamnya sudah tersedia aplikasi remastering yaitu remastersys.
  4. Mengenal karya bangsa sendiri, karena AstroBlankOn diremaster/dipaket-ulang dari distro mapan Linux BlankOn yang dikembangkan oleh para pengembang Indonesia.
  5. Semoga lebih memahami sikap kemandirian dalam penggunaan sistem operasi dan software, tidak semata-mata bersikap pragmatis.

Karena tidak ada program yang tidak punya “bug”, maka rilis tidak didahulu rilis alpha, beta, dan rilis candidate, tapi langsung edisi rilis final. Semua “bug” yang muncul akan diperbaiki sambil mempersiapkan rilis berikutnya dengan tambahan fitur dan aplikasi astronomi dan ilmu falak yang belum masuk ke dalam paket.

Rilis AstroBlankOn hanya terbagi 2:
  1. Edisi lite (aplikasi lebih sedikit) – kapasitas 2,0 GB
  2. Edisi full (dilengkapi aplikasi berbasis Windows yang sudah terpasang) – kapasitas 2,4 GB.
AstroBlankOn 1.0-lite ini berisi:
  1. Standard BlankOn Rote 8.0 DVD (1,6 GB)
  2. Software aplikasi astronomi dari repositori BlankOn/Debian/Ubuntu
  3. Islamic Software (Zekr 30 Juz + terjemah dan tafsir Indonesia, elkirtasse, elforkane, hadis web, Minbar, applet kalender HIjriyah, DLL)
  4. File astroDB yang berisi file doc, pdf, excel, exe, jar, ppt, html yang berkaitan dengan software portable dan dokumen astronomi dan imu falak, kumpulan karya temen-temen pencinta, pemerhati dan para ahli astronomi/ilmu falak melalui internet.
  5. Sudah terpasang emulator wine sehingga bisa menjalankan file exe (portable) yang berbasis Windows
  6. Sudah terpasang java, flash player, remastersys, virtualbox-ose
  7. Aplikasi tambahan lain sebagai pendukung ..

Sedangkan AstroBlankOn 1.0-full ini berisi seluruh isi dari AstroBlankOn 1.0-lite + aplikasi software astronomi/ilmu falak yang sudah terpasang dalam sistem sehingga tinggal menjalankan, aplikasi ini kebanyakan berupa software berbasis Windows yang ringan dan biasa digunakan.

AstroBlankOn 1.0-full sudah diuji dapat berjalan dengan baik sebagai LiveDVD dan LiveUSB sehingga dapat digunakan dengan aman bagi pengguna yang belum memahami/terbiasa memakai linux sebagai sistem operasi dalam laptop/PC. Disarankan juga bagi pengguna yang akan meng-install AstroBlankOn 1.0 ke laptop/PC untuk menggunakan LiveDVD atau LiveUSB lebih dulu lalu memilih System Tools > Live Installer. Cara ini lebih sukses daripada menggunakan pilihan Install BlankOn.


# Semua saran dan kritik mohon dialamatkan ke Anas Kasmui atau melalui email kasmui@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *