Bahasa Pemrograman Pascal dan Suksesornya

pascal-delphi

Pascal adalah bahasa pemrograman yang dirancang oleh Profesor Niclaus Wirth dari Technical Univerciti Zurich, Swizerland. Nama Pascal sendiri adalah sebagai suatu bentuk penghargaan kepada Blaise Pascal, yaitu seorang ahli matematika dan Filsafat yang terkenal pada abad 17 yang berasal dari Prancis. Profesor Niclaus Wirt memperkenalkan Compiler Bahasa Pascal ini pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Comporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk membantu mengajarkan program komputer secara sistematis, khususnya untuk mengajarkan program yang terstruktur (stuktured programing). Jadi Pascal adalah bahasa yang ditujukan untuk membuat program yang terstruktur.

Dalam waktu yang singkat Pascal telah menjadi bahasa yang sangat populer dikalangan para pelajar universitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di banyak perguruan tinggi. Banyak propesional komputer yang beralih ke bahasa Pascal. Kenyataannya, pascal merupakan bahasa yang paling cepat populer dibandingkan bahasa-bahasa pemerograman tingkat tinggi lainnya.

Bahasa pemrograman Pascal mempunyai beberapa kelebihan seperti:

  • Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real,char, string.
  • User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yangditurunkan dari tipe data standar.
  • Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel,dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe dataselain dari format yang ditentukan.
  • Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecahmenjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
  • Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami. Standart pascal adalah bahasa pascal yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niclaus Wirth. penerapan dari standart pascal banyak yang berbeda seperti apa yang telah didefinisikan oleh K. Jensen dan Niclaus Wirth. Pascal di Eropa didefinisikan oleh ISO (Internasional Standart Orgazation) dan di Amerika oleh kerjasama antara ANSI (America Nasional Standart Institute) dan IEEE (Instituteof Electrical and Electronic Engineers).
  • Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar  bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI).Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiadin Informatics).
  • Terdapat beberapa versi dari pascal yang telah berada di pasaran dan sampai saat ini untuk komputer-komputer micro personal Turbo Pascal merupakan yang paling populer dan banyak digunakan. Turbo Pascal banyak digemari karena bersifat interaktif. Selain itu Turbo Pascal mengikuti definisi dari standar pascal.

Lahirnya Delphi

Pada tahun 1995 Borland menghetikan pengembangan Turbo Pascal dan menggantinya dengan Delphi berbasis objek Pascal (bahasa Pascal yang telah dilengkapi dengan fitur pemrograman berorientasi objek ) perangkat lunak tersebut membawa banyak konsep baru kepada pengguna Turbo Pascal seperti konsep pemrograman berbasis RAD ( Rapid Application Develovement ) meski demikian versi 32 bit Delphi masih mendukung cukup banyak aspek-aspek yang ada pada turbo pascal. Beberapa produk lain yang compatible dengan Turbo Pascal juga bermunculan seperti Free Pascal dan Virtual Pascal.

Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh Borland (sebelumnya dikenal sebagai Inpires). Bahasa Delphi yang sebelumnya dikenal sebagai objek Pascal ( Pascal dengan ektensi pemerograman berorientasi objek (PBO/OOP) pada mulanya ditunjukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk linux dan Microsoft .NET framework. Dengan mengunakan Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang berjalan di sistem operasi MacOs X dan Windows CE.

Pada tahun 2001 sebuah versi linux dikenal sebagai Kylik tersedia, dengan satu rilis baru setiap tahunnya, pada tahun 2002 dukungan untuk linux ( melalui Kylix dan CLX Component Library ) ditambahkan dan tahun 2003 .Net mulai didukung dengan munculnya Delphi .NET ( Delphi 8 ) yang kini sudah keluar, juga versi.Net terbaru yaitu RAD Studio 2007 dan Turbo Delphi .NET dengan versi desktopnya yaitu Delphi 2007 for win 32 dan Turbo Delphi.

Chief Architect yang melahirkan Delphi, dan pendahulunya Turbo Pascal adalah Anders Hejlsberg sampai kemudian ia pindah ke Microsoft tahun 1996 dimana ia sebagai chief designer C# dan termasuk orang kunci dalam perancangan Microsoft .NET framework didukungan penuh untuk .NET ditambahkan pada Delphi 8 ( yang dirilis pada bulan desember 2003 ) dengan penampilan user interface ( look and fell ) mirip dengan Microsoft Visual Studio .NET.

 

Borland Delphi 2005

Versi berikutnya, Delphi 2005 (Delphi 9, juga Borland Developer Studio 3.0), termasuk Win32 dan pengembangan NET. Dalam IDE tunggal, Borland mengulangi komitmen untuk pengembang Win32. Delphi 2005 meliputi manipulasi desain-waktu data langsung dari database. Namun, itu dikritik oleh beberapa untuk bug tersebut; baik Delphi 8 dan Delphi 2005 memiliki masalah stabilitas ketika dikirim, yang hanya sebagian diselesaikan dalam paket layanan. Kemampuan untuk mengkompilasi aplikasi asli windows (*. exe) ditambahkan kembali ke Delphi 2005 setelah dihapus dalam Delphi 8.

Borland Delphi 2006

Pada akhir 2005 2.006 Delphi (Delphi 10, Borland Developer Studio 4.0) dirilis dan gabungan pengembangan C # dan Delphi.NET, Delphi Win32 dan C + + (Pratinjau ketika ia dikirim tapi punya stabil dalam Service Pack 1) ke dalam IDE tunggal. Ini jauh lebih stabil daripada Delphi 8 atau Delphi 2005 ketika dikirim, dan ditingkatkan bahkan lebih dengan merilis service pack dan hotfix beberapa. CLX dukungan dijatuhkan untuk aplikasi baru dari rilis ini dan seterusnya.

Pada tanggal 8 Februari 2006 Borland mengumumkan bahwa mereka sedang mencari pembeli untuk IDE dan lini produk database, yang mencakup Delphi, untuk berkonsentrasi pada perusahaan ALM baris.

Pada tanggal 6 September 2006 Developer Tools Group (nama kerja belum berputar perusahaan) Borland Software Corporation merilis versi bahasa tunggal Borland Developer Studio, membawa kembali nama Turbo populer. Rangkaian produk meliputi Turbo Turbo Delphi untuk Win32, Turbo Delphi untuk. NET, Turbo C + +, dan Turbo C #. Setiap versi tersedia dalam dua edisi: Explorer-gratis dan download versi-Professional-a-harga (US $ 899 untuk baru, pengguna US $ 399 untuk update) versi yang lebih rendah yang membuka akses ke ribuan komponen pihak ketiga. Tidak seperti sebelumnya edisi Pribadi dari Delphi, baru edisi Explorer dapat digunakan untuk pengembangan komersial.

Pada November 14, 2006 Borland mengumumkan bahwa daripada menjual alat-alat pengembangan kelompok itu akan spin it off menjadi anak perusahaan mandiri bernama CodeGear .

Codegear Delphi 2007

Delphi 2007 (Delphi 11), versi pertama oleh CodeGear, dirilis pada tanggal 16 Maret 2007. Kepribadian Win32 dirilis pertama kali, sebelum kepribadian BERSIH Delphi 2007 yang didasarkan pada NET Framework. 2.0. Dirilis sebagai bagian dari produk CodeGear RAD Studio 2007. Fitur baru termasuk dukungan untuk MS Membangun dan perangkat tambahan ke Visual Component Library untuk Windows Vista, tapi C # Builder fitur dijatuhkan dalam rilis ini sebagai tempat penjualan tidak setinggi yang diharapkan karena Visual Studio juga menawarkan C #. NET juga dijatuhkan di D2007 karena didasarkan atas bagian dari kerangka NET API. Yang telah berubah begitu drastis oleh Microsoft pada NET 2.0. Bahwa update IDE akan menjadi usaha besar. NET digantikan oleh Delphi Prism , kombinasi yang kompatibel RemObjects sebagian besar kompiler Delphi. NET, Visual Studio Microsofts Shell (versi tanpa C # dan dukungan VB) dan beberapa teknologi Embarcadero seperti dbExpress. Prism adalah cross platform sejauh mampu karena mendukung Mono. Delphi 2007 juga memperkenalkan DBX4 sebagai versi berikutnya dbExpress. Untuk pertama kalinya Delphi bisa di-download dari Internet dan diaktifkan dengan kunci lisensi, kemampuan didukung oleh baru InstallAware teknologi instalasi (sendiri ditulis dalam Delphi, dan sekarang pengiriman dalam terbatas, edisi bebas di dalam kotak dengan Delphi). versi internasionalisasi dari Delphi 2007 dikirim secara bersamaan di Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang. RAD Studio 2007 (kode nama Highlander), yang meliputi NET dan. C + + pengembangan Builder, dirilis pada tanggal 5 September 2007.

Borland CodeGear dijual untuk Embarcadero Technologies pada tahun 2008. Embarcadero adalah mempertahankan pembagian CodeGear diciptakan oleh Borland untuk mengidentifikasi alat dan persembahan database, dan Embarcadero telah memutuskan untuk mengidentifikasi alat-alat sendiri database di bawah moniker DatabaseGear.

Embarcadero Delphi 2009

Delphi 2009 (Delphi 12, kode nama Tiburon), menambahkan banyak fitur baru seperti sepenuhnya ulang dengan VCL dan RTL untuk dukungan Unicode penuh, dan menambahkan generik dan metode anonim untuk pengembangan asli Win32. Dukungan untuk pengembangan NET adalah. Dijatuhkan dari IDE Delphi. Sebuah produk baru, Delphi Prism, adalah ditawarkan untuk pembangunan NET. Di tempatnya. Delphi Prism adalah Visual Studio bahasa plug-in, dan tidak termasuk RTL atau VCL untuk porting kode.

Embarcadero Delphi 2010

Delphi 2010 (Delphi alias 14, dengan kode nama Weaver, nomor 13 itu diabaikan), dirilis pada tanggal 25 Agustus 2009 dan merupakan rilis Unicode kedua Delphi. Ini termasuk compiler baru sistem bisa menghentikan , dukungan untuk Windows 7 2D langsung, layar sentuh dan gerakan, sebuah formatter kode sumber, visualizers debugger dan pilihan untuk juga memiliki komponen palet gaya lama dalam IDE. Sistem bisa menghentikan baru membuat executable lebih besar dari versi sebelumnya.

Embarcadero Delphi XE 

Versi terbaru dari Delphi, Delphi XE (alias Delphi 2011 [9] , dengan kode nama Fulcrum), dirilis pada tanggal 30 Agustus 2010.

Free Pascal dan Lazarus

Sejarah mencatat, Pascal tidak pernah mati meski produk turunan Pascal berkembang pesat. Masih banyak penggemar dan komunitas Pascal yang selalu menggunakan Pascal dalam berbagai platform. Free Pascal selalu berkembang dan selalu merilis versi-versi baru, begitu pula lingkungan IDE Free Pascall yaitu Lazarus yang berbasis open source. Bahkan pada perkembangan baru seiring dengan munculnya OS Android maka Free Pascal dan Lazarus-nya menghasilkan turunan baru yaitu CodeTyphon, Pascal Visual Programming Studio yang mampu berjalan di multi OS, Windows, MacOS dan berbagai distro Linux dan mampu memproduksi aplikasi Android.

Link Penting:

1) Ebook Aplikasi Turbo Pascal untuk Kimia: https://www.dropbox.com/s/qjc9b8dvrmx3z7p/Turbo%20Pascal%207%20Untuk%20Kimia.pdf?dl=0

2) Pemrograman Turbo Pascal: https://www.dropbox.com/s/5trikrp9ozhyof7/Pemrograman%20Turbo%20Pascal.pdf?dl=0

3) Web Turbo Pascal; http://turbopascal.org/

4) Web Free Pascal – Lazarus : http://www.lazarus.freepascal.org/

5) Web CodeThypon: http://www.pilotlogic.com/sitejoom/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *